Bagaimana cara Jason Fyk mantan Napi Jadi Milyader di Internet?

jason-fykJason Fyk mantan Napi Jadi Milyader di Internet

Bagaimana cara Jason Fyk mantan Napi Jadi Milyader di Internet ?
Media sosial seperti Facebook, Twitter dan Youtube telah banyak melahirkan miliarder miliarder baru seperti buzzer Twitter, hingga artis Youtube. Yang mereka butuhkan untuk mendatangkan uang hanyalah kreativitas dan pandai dalam memanfaatkan peluang.




Salah satu orang yang kemudian menjadi miliarder berkat media sosial adalah Jason Fyk. Dalam sebulan, pria 40 tahun ini mampu memperoleh penghasilan USD 275 ribu atau Rp 3,3 miliar (jika USD 1 = Rp 12 ribu) dari Facebook.




Namun, sebelum Fyk berada di posisinya sekarang, pria beranak satu ini pernah menjalani hidup yang suram. Ia pernah bangkrut karena industri perumahan yang digelutinya bangkrut dan dipenjara saat memulai bisnis baru miliknya. Setelah keluar dari penjara, dirinya bahkan tidak bisa mendapat pekerjaan di sebuah restoran cepat saji karena tunggakannya terlalu besar. Dengan bermodalkan sebuah laptop, Fyk memulai bisnisnya dari sebuah meja makan keluarga.

dulu-napi-pria-ini-bergaji-rp-33-m-sebulan-berkat-facebookJason Fyk

Berikut kisah Jason Fyk, mulai dari bangkrut, dipenjara, berniat bunuh diri hingga kini menjadi seorang miliarder.

1. Jason Fyk bangkrut saat bisnis perumahan ambruk
Masalah keuangan Jason Fyk mulai datang pada 2005 ketika ia masih bekerja di industri perumahan. Setelah beberapa bulan bekerja, bisnis ini kemudian mengalami kelesuan hingga membuatnya bangkrut. Bersama dengan istri dan anaknya yang mendukungnya, Fyk memulai pekerjaan baru untuk mendatangkan pemasukan. Beberapa teman kemudian memberinya masukan untuk membuat sebuah situs. Fyk lalu membuat domain WTFMagazine.com yang menurutnya serupa dengan situs College Humor. Situs yang diluncurkan pada 2011 tersebut berisi konten-konten yang menghibur.

“Tim kami awalnya berjalan tanpa modal,” kata Fyk kepada Digital Business.

“Kami memuat konten ‘palsukan sampai kamu bisa membuatnya’. Membuat konten secara bersamaan. Saat itu kami belum tahu apa yang kami lakukan.”

2. Dipenjara gara-gara mereka orang berkelahi
Setelah WTFMagazine.com diluncurkan, Fyk sempat berurusan dengan hukum. Bahkan dirinya disangka merencanakan perkelahian dan diancam melakukan percobaan pembunuhan. Hukuman tersebut bermula saat ia akan mewawancarai grup stunt man (pemain pengganti) the Adrenaline Crew. Saat ia dan grup stunt man tersebut akan melakukan wawancara, sebuah perkelahian pecah di dekatnya. Fyk yang yang melihat kejadian itu segera merekam perkelahian tersebut dengan kamera handphone miliknya. Ia kemudian berusaha melerai perkelahian tersebut. Saat melerai itu lah, Fyk dituduh telah merencanakan perkelahian dan terancam melakukan pembunuhan. Fyk kemudian dimasukkan ke penjara dan menggunakan uang yang seharusnya diperuntukkan bagi istri dan anaknya untuk membayar pengacara. Dua bulan kemudian, tuntutan terhadap Fyk dibatalkan dan ia dibebaskan.

3. Sempat berencana bunuh diri.
Setelah keluar dari penjara, Fyk berusaha mencari pekerjaan. Namun statusnya sebagai narapidana, dan hutang yang menumpuk, menyulitkannya untuk mendapatkan penghasilan.

“Saya bahkan tidak bisa dapat pekerjaan di McDonald karena tagihan saya terlalu besar,” ujarnya. Sulitnya mencari pekerjaan serta keuangan yang semakin menipis, sempat membuat Fyk putus asa dan berusaha mengakhiri hidupnya. Namun dukungan keluarga membuatnya bertahan.

“Anak saya memberi dukungan. Saya hampir melakukan bunuh diri. Itu merupakan bencana bagi saya.”

4. Mendapatkan pemasukan miliaran rupiah per tahun dari iklan
Fyk memutar ide bagaimana caranya untuk mendapatkan uang dengan cepat. Ia sempat berpikir untuk membuat buku tentang pengalamannya selama di penjara, namun ia sadar, dirinya bukanlah seorang penulis handal, dan menjual sebuah buku memerlukan pembeli.

“Satu-satunya modal yang saya miliki hanya media sosial, dan itu gratis,” ujarnya.

Pada awalnya, ia hanya membuat satu halaman Facebook, mewakili WTF Magazine. Tak lama kemudian, dia menyadari jika halaman tersebut tidak terkait ke situsnya yang seharusnya justru berguna. Fyk sekarang memiliki 40 halaman Facebook memiliki lebih dari 28 juta ‘like’. Halaman tersebut memiliki 260 juta pengguna Facebook dan yang kemudian menghasilkan puluhan juta pageviews ke situsnya dalam sebulan. Jumlah pengunjung ini menarik pengiklan untuk memasang iklan di situsnya. Dalam setahun, Fyk mendapat pemasukan hingga puluhan miliar rupiah dari iklan yang masuk.

Sumber: Merdeka.com Reporter : Al Amin | Jumat, 10 Oktober 2014 02:30

Gambar: http://www.businessinsider.co.id

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Sekilas Info. Bookmark the permalink.