Bedah Bab V Kesimpulan dan Saran

Pada Bab V berisi tentang Kesimpulan dan Saran dari skripsi yang telah dituisa dari bab1 sampai bab 4. Apa saja yang harus kita tulis pada bab 5 ini?

Kesimpulan Skripsi

Menurut KBBI, kesimpulan merupakan keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif dari suatu pembahasan maupun gagasan. Jika kita kaitkan dengan skripsi, maka kesimpulan adalah hasil akhir yang menjelaskan mengenai keseluruhan hasil dari penelitian yang dilakukan.

Kesimpulan merupakan ringkasan dari pembahasan yang disajikan pada pembahasan skripsi. Kesimpulan analisis dan perancangan sistem berisi hasil analisis dan perancangan yang dibuat. Penulis tidak diperkenankan membuat kesimpulan yang tidak terdapat dalam hasil pembahasan. Kesimpulan merupakan gambaran tujuan yang telah tercapai dalam penelitian.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kesimpulan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Kesimpulan harus berupa analisis dari kajian pustaka dan juga interpretasi dari tema yang telah diangkat. Bisa berupa implikasi dan bisa juga berupa inferensi.
  2. Kesimpulan makalah sebaiknya dibuat secara ringkas hasil atau output dari karya ilmiah yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya.
  3. Dalam kesimpulan karya tulis ilmiah, hindari menyimpulkan materi yang tidak di ulas dalam pembahasan.

Saran Skripsi
Saran merupakan manifestasi dari penulis untuk dilaksanakan (sesuatu
yang belum ditempuh dan layak untuk dilaksanakan). Saran dibuat
berdasarkan hasil temuan penelitian yang dimaksudkan untuk
mengembangkan, menindaklanjuti atau menerapkan hasil penelitian
baik bersifat teoritis dan praktis.

Unsur-Unsur Saran
Untuk membuat saran yang baik, harus ada unsur-unsur dalam kalimat yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Jumlah Kata
    Dalam sebuah penulisan, kata kata didalam saran harus dibatasi dengan jumlah minimal karakter. Batasan kata untuk membuat saran yang baik adalah lebih dari 200 kata
  2. Memberikan Kata Harapan
    Dalam isi saran haruslah memberikan sebuah harapan kepada para pembaca, dengan menggunakan kata-kata yang menarik seperti penggunaan “oleh sebab itu”, atau penggunaan kata “penulis berharap”. dll.
  3. Dalam menulis saran haruslah memberikan harapan kepada para pembaca, terutama dengan bentuk kata-kata yang menarik seperti penggunaan “oleh sebab itu”, atau penggunaan kata “penulis berharap…”, dan lain sebaginya.
  4. Memberikan Rekomendasi
    Pembuatan saran yang baik adalah dengan memberikan rekomendasi berupa penelitian lanjutan, Dengan menggunakan metode lain yang dipergunakan.

Baca Juga: Bedah Skripsi Bab 1, Bedah Bab 5 Kesimpulan dan Saran

More: Bedah Bab 5 Kesimpulan dan Saran, Bedah Skripsi Bab 1,  Cara cepat menulis skripsi , Pengertian Sistem , Contoh Skripsi Sistem InformasiPERANCANGAN SISTEM INFORMASI PAGUYUBAN ALUMNI STMIK SWADHARMA BERBASIS WEB

Info:


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...