Bentuk Mouse Pertama Di Dunia

computermouse

Setiap pengguna Komputer pastinya sudah tidak asing dengan sebuah perangkat namanya “Mouse” atau dalam bahasa Indonesia Tetikus. Mouse pada saat ini menjadi sebuah aksesori wajib komputer, tidak terasa sudah berusia 45 tahun sejak pertama kali diperkenalkan. Pernahkah anda berpikir bagaimana bentuknya ketika Mouse pertama kali diciptakan, Lalu bagaimana bentuknya saat pertama kali diperkenalkan?

Tanggal 9 Desember 1968, tepat 45 tahun lalu, digelar sebuah acara teknologi bertajuk “Fall Joint Computer Conference” yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat. Acara tersebut tidak semegah acara teknologi yang saat ini diadakan, tapi konferensi itu masih terus dikenang hingga saat ini karena dianggap sebagai hari dan tanggal kelahiran mouse.

Mouse atau Tetikus pertama kali diperkenalkan oleh Douglas Engelbart pada acara teknologi bertajuk “Fall Joint Computer Conference”. Saat itu tidak ada yang menduga bahwa ‘Tetikus’ ini bakal sepopuler sekarang.

“Kami sendiri tidak tahu kenapa itu disebut ‘Mouse’. Terkadang saya merasa menyesal, tapi saya tidak pernah mengubahnya,” kenang Engelbart.

Wujud mouse saat itu pun sangat berbeda dengan yang ada saat ini. Bentuknya kotak, besar dan terbuat dari kayu. Sama sekali tidak menyerupai kebanyakan mouse yang dipakai saat ini, yang sudah mengalami banyak modifikasi sehingga nyaman dan enak dikepal.

mouseBerbagai bentuk Mouse saat ini

Dengan bentuk tersebut tetap bertahan selama beberapa tahun. Mouse baru mulai berevolusi bentuknya setelah hak paten Engelbart habis masa berlakunya, yakni sekitar tahun 1987. Berita dikutip dari Huffington Post, Selasa (10/12/2013).




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Teknologi. Bookmark the permalink.