Cara Membuat Password Yang Baik

Kemajuan teknologi sangat memudahkan kita dalam berbagi informasi. Dengan banyaknya media social di dunia yang dapat digunakan untuk berbagi informasi, semakin mempermudah dalam penyebaran informasi. Namun sayangnya kemajuan teknologi ini memiliki dua sisi mata uang yang berbeda manfaat. Kemajuan teknologi juga memiliki dampak yang negative, banyaknya pelaku kejahatan yang menggunakan media sosial yang ada di dunia Maya atau Internet.
Salah satu bentuk dari kejahatan di dunia maya adalah adanya pembobol password atau banyak yang menyebutnya dengan istilah “Hacker”. Jika akun media sosial kita sudah dibajak maka kita tidak dapat menggunakannya lagi, jika demikian adanya maka hilanglah semua data dan informasi yang telah susah payah kita bangun.
Untuk menghindari masalah masalah yang tidak diinginkan tadi, berikut saya bagikan cara membuat sebuah password yang kuat. Ada beberapa cara untuk menjaga keamanan komputer, terutama dalam hal pemakaian password. Password merupakan hal vital dalam proses otentikasi.




Penggunaan password yang baik dan efektif seharusnya:
1) Minimal mempunyai panjang 6-8 karakter (Semakin panjang semakin kuat), yang dikombinasikan dengan karakter angka, symbol, huruf besar, huruf kecil.
2) Tidak memiliki maksud atau makna. Password yang memiliki makna relative mudah untuk ditebak. Jadi penggunaan nama anggota keluarga, alamat,tanggal lahir, dan sejenisnya harus dihindari.
3) Tidak terdiri dari urutan abjad atau angka, misalnya ‘67890’ atau ‘hijklmn’.
4) Sebaiknya diberi periode berlaku. Ini berarti harus sering mengganti password.
5) Jangan gunakan nama login (username) sebagai password dalam bentuk apapun, baik dengan mengganti huruf kapital, dibalik, diulang, dan sebagainya.
6) Jangan menggunakan kata-kata yang umum dan terdapat dalam kamus.
7) Jangan pernah menuliskan password yang Anda pakai di tempat yang dapat diakses umum.
8) Jangan membuat password yang membuat Anda kesulitan untuk menghafalnya. Buatlah password yang mudah diingat, namun sulit untuk ditebak.
9) Jangan pernah memberitahu password Anda kepada orang lain.
10) Apabila diperlukan, ada baiknya jika menggunakan software atau utilitas tambahan untuk menambah keamanan komputer Anda.
Demikian Cara Penggunaan Password yang Baik, semoga bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Security. Bookmark the permalink.