Chromecast

Chromecast adalah Nama sebuah perangkat media player digital yang dikembangkan oleh Google, Chromecast berupa Perangkat PC stick berbasis HDMI. Perangkat mini yang berukuran 2,83 inci ( 72 mm ) dongle HDMI, Perangkat mini ini dapat memainkan konten audio / video pada layar HD dengan melalui nirkabel(Wi – Fi) baik dari internet atau jaringan lokal.

Pengguna PC stick berbasis HDMI ini dapat memilih media yang akan dimainkan, dengan menggunakan aplikasi mobile dan aplikasi web yang mendukung teknologi Cast Google, Atau konten dari web browser Google Chrome pada komputer desktop atau dari perangkat Android .

Kemunculan Perangkat PC stick berbasis HDMI ini diprediksi akan populer di masa depan. Saat ini perangkat PC stick berbasis HDMI atau dikenal dengan nama dongle Chromecast yang ada dipasaran seperti: Roku Streaming Stick, Amazon Fire TV Stick, dan Mozilla Matchstick.




Para Vendor berlomba-lomba dalam memproduksi perangkat elektronik PC stick berbasis HDMI yang dapat dihubungkan ke port HDMI pada TV atau monitor. Perusahaan mikroprosessor Intel merupakan salah satu yang menciptakan perangkat stick tersebut yang telah dipamerkan pada event Consumer Electronics Show (CES) 2015.

Dilansir Mashable, Minggu (18/1), perangkat mini PC Stick berbasis HDMI yang dinamakan Compute Stick berbasis HDMI buatan Intel ini mendukung fungsi penuh Windows 8.1 atau Ubuntu Linux. Ukurannya kecil seperti Chromecast atau flashdisk, dan dijual dengan harga USD149 atau sekira Rp1,8 juta. Computer Stick ini menggunakan prosesor Quad-Core Intel Bay Trail Atom Z3735F. Selain mendukung konektivitas bluetooth 4.0, WiFi, dan satu port USB, perangkat ini juga didukung slot ekspansi micro-SD. Untuk Versi OS Windows 8.1 dari computer stick ini memiliki RAM 2 GB serta storage flash built-in 32 GB.

More:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Sekilas Info. Bookmark the permalink.