Diagram Activity

Diagram Activity Pada dasarnya sering digunakan oleh flowchart. Diagram ini berhubungan dengan diagram Statechart. Diagram Statechart berfokus pada obyek yang dalam suatu proses(atau proses menjadi suatu obyek), diagram Activity berfokus pada aktifitas-aktifitas yang terjadi yang terkait dalam suatu proses tunggal. Jadi dengan kata lain, diagram ini menunjukkan bagaimana aktifitas-aktifitas tersebut bergantung satu sama lain.Sebagai contoh, perhatikan proses yang terjadi.

“Pengambilan uang dari bank melaluiATM.”
Ada tiga aktifitas kelas (orang dan lainnya) yang terkait yaitu : Customer, ATM dan Bank.

Proses berawal dari lingkaran start hitam pada bagian atas dan berakhir di pusat lingkaran stop hitam/putih pada bagian bawah. Aktivitas digambarkan dalam bentuk kotak persegi. Lihat gambar di bawah ini, agar lebih jelas :

Contoh-Diagram-Activity

Contoh Diagram Activity ‘Pengambilan Uang melalui ATM’

Diagram Activity dapat dibagi menjadi beberapa jalur kelompok yang menunjukkan obyek yang mana yang bertanggung jawab untuk suatu aktifitas.Peralihan tunggal (single transition) timbul dari setiap adanya activity (aktifitas), yang saling menghubungi pada aktifitas berikutnya.

Sebuah transition(transisi) dapat membuat cabang ke dua atau lebih percabangan exclusive transition(transisi eksklusif). Label Guard Expression(ada didalam [ ]) yang menerangkan output (keluaran) dari percabangan. percabangan akan menghasilkan bentuk menyerupai bentuk intan. transition bisa bercabang menjadi beberapa aktifitas paralel yang disebut Fork. Fork beserta join (gabungan dari hasil output fork) dalam diagram berbentuk solid bar (batang penuh).

 Sumber: UML

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Diagram and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.