Diagram UML

Diagram UML  merupakan kependekan dari United Modeling Language. Diagram UML membuat Pemecahan masalah utama dari Object Oriented dengan penggambaran dalam bentuk model. Model abstrak(semu) yang merupakan gambaran detail dari inti masalah yang ada. Beberapa modeling tool yang dipakai merupakan bagian dari dasar diagram UML.  Kompleksitas bentukan sistem yang akan dibuat, maka akan semakin sulit komunikasi antara orang-orang yang saling terkait dalam pembuatan dan pengembangan software yang akan dibuat.

UML terdiri atas beberapa diagram, yaitu :

Pada masa lalu, UML mempunyai peranan sebagai software blueprint (gambaran) language untuk analisis sistem, designer, dan programmer. Sedangkan pada saat ini, merupakan bagian dari software trade (bisnis software).

Diagram UML memberikan jalur komunikasi dari sistem analis kemudian designer, lalu programmer pada rancangan software yang akan dikerjakan. Salah satu pemecahan masalah Object Oriented adalah dengan menggunakan UML. Oleh karena itu orang-orang yang berminat dalam mempelajari UML harus mengetahui dasar-dasar mengenai Object Oriented Solving (pemecahan masalah OO). Tahap pertamanya adalah pembentukan model.

Model adalah gambaran abstrak dari suatu dasar masalah. Dunia nyata atau tempat dimana masalah itu timbul bisa disebut dengan domain. Model mengandung obyek-obyek yang beraktifitas dengan saling mengirimkan messages (pesan-pesan). Obyek mempunyai sesuatu yang diketahui(atribut /attributes) dan sesuatu yang dilakukan (behaviors atau operations). Attributes hanya berlaku dalam ruang lingkup obyek itu sendiri (state). Lalu “blue print” dari suatu obyek adalah Classes (kelas). Obyek merupakan bagian-bagian dari kelas.

Lihat Topik lainnya dari diagram UML  :

 

 

Sumber: http://mhs.uks.ac.id/OOP/UML.pdf

Referensi:
–  APPLYING UML AND PATTERNS And Introduction to Object-Oriented Analysis and Design and the Unified Process Second Edition by Craig Larman
–  Advanced Praise for The Unified Modeling Language Reference Manual, Second Edition
–  Introduction to UML 2.0, Terry Quatrani UML Evangelist
–  UML The Unified Modeling Language Reference Manual Second Edition. James Rumbaugh, Ivar Jacobson,Grady Booch

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Diagram UML and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.