Membaca Image dari file Grafik

Untuk membaca image pada Software Matlab dibutuhkan sebuah syntax yang berbeda beda pada masing masing file gambar. Seperti kita ketahui bahwa gambar mempunyai berbagai macam format, seperti: BMP,JPEG, PNG,CUR, JPEG 2000, PPM, GIF, PBM, RAS, HDF4, PCX, TIFF, ICO, PGM, XWD.




Untuk membaca skala keabuan (Grayscale) atau gambar berwarna dari sebuah file tertentu dengan menggunakan sebuah string dari nama file, syntax yang digunakan A=imread(namafile, fmt). Jika file tersebut bukan dari folder yang ada atau folder di MATLAB path, maka harus dilengkapi dengan namapath nya.

Teks dengan format string fmt merupakan jenis file dengan format standar. Sebagai contoh File dengan format “gif” adalah file untuk format Graphics Interchange. Untuk jelasnya bisa melihat daftar format gambar berikut fungsinya. imread tidak dapat menemukan sebuah file dengan namanya saja karena imread akan membaca file lengkap dengan ekstension formatnya contoh image-01.fmt.

Berikut ini adalah contoh dari syntax yang berfungsi membaca sebuah gambar.

[X, map] = imread(…)  //  Membaca index image pada sebuah nama file dimasukan ke dalan X dan digabungkan dalam sebuah peta warna. Nilai peta warna secara otomatis diskala ulang dalam sebuah skala [0,1].

[…] = imread(filename) //  Menyimpulkan sebuah format file dari isinya.

[…] = imread(URL,…) // membaca image dari internet atau URL yang dilengkapi dengan tipe protokol(e.g., http://).

[…] = imread(…,Param1,Val1,Param2,Val2…) // Parameter khusus untuk mengontrol berbagai macam karakteristik untuk format tertentu.

Syntax untuk membaca sebuah gambar imread

A = imread(filename, fmt)
[X, map] = imread(…)
[…] = imread(filename)
[…] = imread(URL,…)
[…] = imread(…,Param1,Val1,Param2,Val2…)

Sekian semoga membantu




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Image Processing and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.