Mengenal BIG DATA

Pesatnya perkembangan teknologi membuat banyak kemudahan yang dapat kita nikmati dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan di dalam kehidupan sehari hari. Teknologi telah membuat perubahan besar dalam masyarakat, salah satunya adalah cara menggunakan data. Pemakaian data pada saat ini sudah berkembang demikian pesat hal ini dapat terlihat pada tempat penyimpanan data. Dulu dengan menggunakan disket yang hanya mampu memuat sekitar 5MB saja sudah cukup untuk menyimpan file, karena pada jaman dulu data sebesar itu sudah dapat digunakan untuk kebutuhannya pada saat itu.
Namun sangat berbeda Jika kita lihat dengan kondisi pada saat ini, data sebesar itu mungkin hanya cukup untuk 1 file musik saja. Perkembangan teknologi akan berbanding lurus dengan jumlah pemakaian data. Jumlah transaksi data yang terjadi pada saat ini sudah berkali – kali lipat dibandingkan jaman dulu, salah dsatu hal yang menjadi penyebabnya adalah demikian mudahnya penyebaran data, yaitu melalui internet. Dengan internet semua orang dapat terhubung dan saling memberikan data, tanpa dibatasi jarak dan waktu.
Perkembangan ini mengakibatkan jumlah data yang terkumpul sudah terlalu besar  sehingga orang menyebutnyaa dengan istilah big data. Big data ini pada awalnya tidak dapat diolah karena terlalu besar, namun sekarang hal itu telah diatasi dengan munculnya metode untuk mengolah big data.
Diperkirakan Setiap hari, kita menciptakan 2,5 triliun byte data – dari data yang begitu banyak, ternyata 90% dari data di dunia saat ini telah dibuat dalam dua tahun terakhir saja.  Data ini berasal dari: sensor yang digunakan untuk mengumpulkan informasi iklim, posting ke situs media sosial, gambar digital dan video, catatan transaksi pembelian, dan sinyal ponsel GPS untuk beberapa nama. Data ini semua disebut dengan Big Data.
Big Data dapat juga didefinisikan sebagai sebuah masalah domain dimana teknologi tradisional seperti relasional database tidak mampu lagi untuk melayani. Big data lebih dari hanya masalah ukuran tetapi juga kesempatan untuk menemukan wawasan baru yang didapat dari data dan konten, dengan tujuan untuk membuat bisnis Anda lebih gesit dan menjawab pertanyaan yang sebelumnya tidak terjangkau.
Big data adalah data yang memiliki scope informasi yang sangat besar, model informasi yang real-time, memiliki volume yang besar, dan berasal social media data.Big Data mengacu pada dataset yang ukurannya diluar kemampuan dari database software tools untuk meng-capture, menyimpan,me-manage dan menganalisis.
Definisi ini sengaja dibuat subjective agar mampu digabungkan oleh definisi Big Data yang masih belum ada baku. Ukuran big data sekitar beberapa lusin TeraByte sampai ke beberapa PetaByte tergantung jenis Industrinya. Isi dari Big Data adalah Transaksi+interaksi dan observasi atau dikatakan segalanya yang berhubungan dengan jaringan internet, jaringan komunikasi, dan jaringan satelit .
Kesimpulnya bahwa Big data adalah dataset yang memiliki volume besar dan salah satu isinya berdasarkan social media data, dan informasi dari Big data selalu yang terbaru sehingga model informasi nya real-time, dan scope informasi nya tidak terfocus pada industri-indrustri kecil saja atau industri-indrustri besar saja melainkan semuanya baik industry kecil maupun besar.

Sumber:

Big data for dummies.pdf

Big Data Trends 2018.pdf

Info Bisnis:


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Basis Data and tagged , , , . Bookmark the permalink.