Mengenal teknik memotret candid

Dalam fotografi kita mengenal yang namanya Candid, atau subjek yang kita potret dalam keadaan tidak sadar kalau sedang di foto. Hasilnya lebih natural dan tidak dibuat buat. Kita tidak perlu menggunakan trik yang rumit untuk Candid kamera. Mungkin dari anda sudah kerap melakukan foto Candid ini, baik dengan menggunakan kamera ponsel mauun kamera digital Single Lens Reflex 9 DSLR). Nah bagi anda yang belum terbiasa, berikut ini disajikan sejumlah tips memperoleh foto candid yang baik, seperti dilansir dari Expert Photography.

1. Jangan pakai Flash.

Aturan pertama, tentu saja hindari penggunaan flash. Sebagai gantinya, cobalah untuk melebarkan aperture dan menggenjot ISO Speed. Hal ini membantu anda dalam pengambilan foto yang baik meski dalam kondisi low-light.

2. Selalu bawa Kamera.

Ingin menyingkirkan rasa takut atau ragu ragu dalam mengambil foto Candid, biasakan utuk sesering mungkin membawa kamera anda kapan pun dan dimana pun. Anda akan terlatih untuk tidak canggung lagi memotret Candid.

3. Besabarlah

Kesabaran adalah pont penting untuk mendapatkan foto yang bagus. Bersabarlah untuk mendapatkan senyuman yang sempurna, atau besabarlah saat menunggu subyek menghadap anda.

4. Gunakan Lensa Tele

Memakai lensa telephoto adalah cara yang paling mumpuni untuk membuat kehadiran anda tidak disadari. Anda bisa berdiri sangat jauh dari subyek namun masih bisa mendapatkan foto close up.

5. Tambahkan Konteks

Tanpa Konteks, foto akan terasa datar. Sebaiknya posisikan subyek dikiri atau kanan frame guna menunjukan lokasi mereka berada atau apapun yang sedang mereka lakukan.




6. Sigap dengan momen yang pas

Menangkap gambar orang dalam momen yang pas akan memberikan hasil yang terbaik. Anda harus sigap ketika menjumpai momentum ini. Tangkap emosi yang dilakukan si subyek yang tengah tertawa, menagis, nyengir tau apapun yang dilakukan.

7. Bergeraklah dan cari posisi yang tepat.

Saat anda memotret secara Candid, anda tidak bisa seenaknya meminta merka berpose atau berpindah untuk sebuah komposisi yang diinginkan.

Jadi upayakan mendapatkan foto natural dengan komposisi ciamik tanpa harus berkomunikasi dengan subyek. Caranya ? anda harus berpindah dan mencari posisi yang tepat disekitar subyek. Lagipula , deretan foto yang diambil dari posisi itu saja akan tampak membosankan.

8. Gunakan Mode Burst.

Gerakan Manusia terkadang susah diprediksi dan anda kerap kali hanya mendapat satu kesempatan bagus. Jadi, bidiklah sebanyak mungkin dengan metode Burst. Anda akan terkejut melihat hasilnya karena siapa tahu dari foto foto atau lebih yang stand out dan bisa membuat anda tersenyum puas.

Sumber: Warta kota.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Photography. Bookmark the permalink.