Perancangan Database Relasi

Pada bagian Perancangan Database Relasi anda akan belajar tentang prinsip dasar dalam merancang database relasi, karena jenis database ini yang paling banyak dipakai saat ini. Perancangan database model hirarki dan jaringan sudah mulai ditinggalkan, karena ketidakmampuannya dalam mengakomodasi berbagai persoalan dalam suatu sistem database.
Merancang database merupakan hal yang sangat penting, karena disini anda akan menentukan entity, attribut, relasinya dan konsep lainnya dalam suatu sistem database, sehingga hasil rancangan tersebut memenuhi kebutuhan anda akan informasi untuk saat ini dan masa yang akan datang.
Ada tiga langkah dalam merancang database, yaitu :
1. Perancangan Database Konseptual (Conceptual Database Design)
2. Perancangan Database Logik (Logical Database Design)
3. Perancangan database Fisik (Physical Database Design)

Sebelum merancang suatu database anda harus mengetahui, apakah akan merancang database baru atau merancang pengembangan database dari sistem yang sedang berjalan. Jika yang dirancang adalah pengembangan dari database yang telah berjalan, maka anda harus memahami konsep yang berlaku pada sistem yang lama dan berusaha merancang database baru agar tetap mengakomodasi sistem yang lama Proses pengembangan merancang database lebit sulit daripada merancang database yang benar-benar baru.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Basis Data. Bookmark the permalink.