Rangkaian On Screen Display OSD

Rangkaian OSD atau On-screen display berfungsi untuk menampilkan display pada layar televisi, bentuk tampilannya dapat berupa No Channel, Bar Volume dan segala bentuk gambar atau tulisan grafis yang tampil pada layar televisi anda.

Cara kerja rangkaiaan On Screen Display OSD. Rangkaian OSD kebanyakan terdapat didalam sebuah IC Micon atau Syscon. Untuk dapat bekerja rangkaian OSD ini perlu sebuah masukan yang berupa pulsa. Dengan pulsa ini akan membangkitkan karakter generator yang terdapat di dalam IC SysCon atau Micon. Agar dapat bekerja sebuah rangkaian OSD membutuhkan pulsa pulsa sebagai beikut :

Pulsa Vertical.
Pulsa Horisontal.
Pulsa Clock Oscilator OSD.

Pulsa pulsa tersebut dibutuhkan untuk menentukan posisi karakter tampilan pada bagian layar TV, karena jika salah satu pulsa ini tidak ada, maka tampilan OSD tidak muncul pada layar televisi.



Signal OSD di keluarkan dari IC SysCon sebagai pulsa pulsa red out, green out, blue out yang akan menentukan warna dari karakter OSD. Selanjutnya pulsa pulsa OSD ini akan digabungkan atau disisipkan dengan signal gambar TV lewat EXT RGB input pada IC Video/Chroma.

Kadang ada beberapa jenis rangkaian yang memerlukan pulsa output F/B yaitu pulsa yang berfungsi untuk menggerakan switch EXT/TV yang terdapat dalam IC Video Chroma. Jika frekuensi Clock Oscilator OSD berubah, maka posisi karakter OSD dapat bergeser pada arah horisontal (kekiri atau kekanan). Demikian keterangan singkat mengenai Cara kerja rangkaian On Screen Display semoga bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Elektronika. Bookmark the permalink.