SMS (Short Message Service)

SMS singkatan dari Short Message Service adalah suatu teknologi yang memungkinkan untuk mengirim dan menerima pesan antar pengguna mobile phone dengan batasan 160 karakter.

SMS pertama hadir di Eropa yang standar awalnya diterapkan dengan menggunakan jaringan GSM(Global System for Mobile Communications), tetapi SMS juga telah diperkenalkan dijaringan tetap (PSTN / ISDN ). SMS dapat juga dikirim dari Internet. Seperti namanya Short Message Service pesan yang dapat dikirim dengan SMS sangat terbatas. Satu pesan SMS dapat berisi paling banyak 140 bytes (1120 bit) dari data, maka satu pesan SMS dapat berisi sampai:

– 160 karakter, jika 7-bit character encoding digunakan (jika 7-bit character encoding adalah penggunaan karakter latin seperti karakter English).



– 70 characters, jika 16-bit Unicode UCS2 character encoding digunakan (pesan teks SMS berisi karakter bukan latin, seperti karakter Cina maka perlu menggunakan 16-bit character encoding).

Pesan teks SMS mendukung berbagai bahasa internasional yang didukung oleh Unicode termasuk bahasa Arab, Cina Jepang dan Korea. Selain teks, pesan SMS dapat membawa data biner yang memungkinkan untuk mengirimkan ringtones, gambar, logo operator, animasi , kartu bisnis (V.Card) dan WAP.

Satu kelemahan dari teknologi SMS adalah jumlah data yang dapat dibawa sangat dibatasi. Untuk menghilangkan kelemahan ini maka telah dikembangkan suatu teknik perluasan atau penggabungan pesan yang sering disebut dengan Concatenated SMS . Pesan teks concatenated SMS dapat berisi lebih dari 160 karakter standar (karakter English). Selain pembatasan ukuran data, SMS mempunyai kelemahan utama yang lainnya, yaitu isi pesan SMS tidak dapat berisi rich-media seperti gambar, animasi, dan melodi.

EMS (Enhanced Messaging Service) telah dikembangkan sebagai jawaban mengenai ini. Pesan EMS dapat berisi gambar, animasi dan melodi. Dalam satu pesan EMS dapat dilakukan pengaturan teks seperti hurup miring, hurup tebal, hurup kecil serta dapat menyisipkan gambar, melodi dan animasi.

SMS pertama kali muncul di belahan Eropa pada tahun 1991 bersama sebuah teknologi komunikasi wireless yang saat ini cukup banyak penggunanya, yaitu Global Sistem for Mobile Communication (GSM). Dipercaya bahwa pesan pertama yang dikirim menggunakan SMS dilakukan pada bulan Desember 1992, dikirim dari sebuah Personal Computer (PC) ke telepon mobile dalam jaringan GSM milik Vodafone Inggris. Perkembagan kemudian merambah ke benua Amerika, dipelopori oleh beberapa operator komunikasi bergerak berbasis digital seperti Bell Sputh Mobility, PrimeCo, Nextel, dan beberapa operator lain. Teknologi digital yang digunakan sangat bervariasi dari yang berbasis GSM, Time Division Multiple Access (TDMA), hingga Code Division Multiple Access (CDMA).

 Untuk lebih lengkapnya silahkan buka link ini:

Teknologi SMS (Short Message Service)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Elektronika. Bookmark the permalink.