TV Tidak dapat memori ?

Perkembangan teknologi Televisi saat ini sudah sangat maju, banyak hal dalam penyetelan pada televisi sudah tidak digunakan cara cara manual tetapi dilakukan secara otomatis. salah satu penyetelan yang dilakukan secara otomatis adalah Tunning program atau pencarian kanal program. Televisi modern saat ini menggunakan fasilitan pencarian channel dengan menggunakan sistem auto search. Dengan menggunakan sistem ini kita sangat mudah dalam mencari frekuensi yang akan dituju. Dengan sistem pencarian ini juga kadang kala kita menjumpai kalau televisi kita tidak mau lock (stop) pada saat sudah menemukan frekuensi yang kita inginkan. lalu apa sebenarnya yang terjadi pada rangkaian penerima televisi kita.

TV dengan fasilitas Auto search Tidak dapat memori, apa yang terjadi ?



Sebuah pesawat TV yang memiliki fasilitas auto search dimana channel channel akan di memori secara otomatis setelah mendapat frekuensi yang tepat, ketika menu auto search di jalankan. Auto memori sudah bekerja dapat dilihat dengan perubahan nomor channel setiap kali pesawat menerima siaran saat proses pencarian secara otomatis berlangsung. Auto memori dapat juga bekerja pada saat kita melakukan pencarian dengan menggunakan menu manual search. Saat proses, manual search berlangsung, maka search akan berhenti stop sendiri atau lock secara otomatis ketika pesawat televisi  menerima siaran dengan frekuensi yang tepat. lalu bagaimana jika pencarian tidak bisa menyimpan frekuensi yang kita inginkan padahal frekuensi sudah didapat.

Untuk dapat menyimpan sebuah frekuensi pemancar yang tepat ternyata rangkaian pencarian ini memiliki beberapa kondisi. Persyaratan atau kondisi rangkaian auto manual search bisa lock berhenti sendiri dan auto memori adalah sebagai berikut:

  1. IC Siskon harus terima pulsa ID ketika terima siaran.
  2. IC Siskon harus terima tegangan AFT ketika terima siaran.
  3. Coil AFT ditala tepat pada frekwensi IF.

Demikianlah penjelasan singkat saya mengenai rangkaian pencarian frekwuensi otomatis pada televisi. Semoga dapat membantu.




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Elektronika. Bookmark the permalink.